Modul PMM Topik dan Pelatihan: PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PAUD Modul 3: Merancang Modul Projek PAUD
Modul PMM Topik dan Pelatihan: PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PAUD
Merancang Modul Projek
Merancang/memodifikasi Modul Projek PAUD (kita semua bersaudara)
Bagaimanakah praktik pembelajaran dalam mengembangkan modul projek pada jenjang PAUD? dalam materi ini terdapat contoh pengembangan modul projek khususnya pada tema Kita Semua Bersaudara.
Referensi:
Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi . 2021.
Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA), Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi.2022
Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2020. Naskah Akademik Profil Pelajar Pancasila
Salam dan bahagia ibu dan bapak
guru hebat…
Halo.. mari kita merancang model
projek sesuai dengan tema yang sudah kita ketahui bersama. Terdapat empat tema
dalam jenjang PAUD yang dapat kita ambil sebagai tema besar kegiatan projek
penguatan profil pelajar Pancasila. Kali ini kita akan masuk pada merancang
modul projek tema “kita semua bersaudara”. Saat merancang mode projek
Identifikasilah satuan pendidikan PAUD kita terlebih dahulu untuk melihat apa
kebutuhan murid yang dapat kita fasilitasi dengan kegiatan berprojek, seperti
ilustrasi berikut ini:
Satuan PAUD 129 Pagi berada pada
lingkungan pegunungan, dimana letak rumah yang satu dengan yang lainnya
berjauhan. Jika diperhatikan kebanyakan murid datang dari keluarga yang
rumahnya saling berjauhan. Guru-guru sering mendengar bahwa biasanya murid jika
dirumah hanya bermain di rumah dan membantu orangtuanya, kurangnya aktivitas
bermain bersama antar murid membuat guru-guru satuan PAUD ini mengambil tema
kita semua bersaudara dengan topik “asyiknya bermain kelereng”. Hal ini juga
bersamaan dengan perayaan hari anak nasional di awal tahun ajaran maka tema ini
tepat sekali dibawakan untuk kegiatan pertama di awal tahun ajaran.
Setelah melakukan identifikasi
maka satuan PAUD dapat mulai merancang mode projek, setidaknya ada tiga hal
pokok yang perlu termuat dalam modul projek yaitu:
·
tujuan kegiatan projek
·
kegiatan untuk mencapai tujuan dan
·
teknik asesmen yang sesuai untuk digunakan
Setelah mendapatkan tema dan
topik mari tentukan dimensi, elemen dan suplemen yang ingin dicapai untuk
melihat ketercapaian kompetensi.
Berikut adalah dimensi, elemen
dan sublemen yang diambil dalam contoh modul projek ini…
Ibu dan bapak untuk menyusun
tujuan projek buatlah kalimat tujuan projek yang diambil dari suplemen
contohnya pada modul projek kali ini ada seperti berikut ini…
Selanjutnya mari kita tentukan
strategi untuk dapat mencapai tujuan kegiatan. Strategi meliputi aktivitas
kegiatan dan informasi tambahan lainnya yang diperlukan untuk kelancaran
pelaksanaan projek durasi alat bahan dan juga sebagainya. Ibu dan bapak dapat
merancang kegiatan apa saja yang dilakukan karena topik disini adalah asyiknya
bermain kelereng maka kegiatan akan dikhususkan untuk bermain kelereng.
Ibu dan bapak bebas ya menentukan
berapa lama projek ini akan dilakukan. Lakukanlah sesuai waktu yang dibutuhkan
untuk mencapai tujuan projek dan keadaan satuan pendidikan masing-masing. Pada
modul projek ini akan ada enam hari pelaksanaan. Saat menyusun alur kegiatan
mode projek, jangan lupa untuk menerapkan prinsip-prinsip projek seperti holistic,
eksploratif, kontekstual dan berpusat pada peserta didik. Seperti contohnya
dalam mode projek ini terlihat bahwa murid memiliki kebebasan untuk menentukan
hasil karya apa yang ingin dikreasikan. Apakah menggambar, membuat hasil karya
menggunakan lilin atau membuat lagu. Silahkan berikan ruang untuk murid terlibat
secara utuh.
Pada setiap tahapan kegiatan
cantumkan durasi, alat dan bahan juga pertanyaan pemantik dan refleksi jika
diperlukan dan jika memang membantu kelancaran dari proses projek ibu dan bapak.
Jika terdapat perubahan rencana kegiatan ibu dan bapak dapat menuliskannya di
kolom evaluasi projek, sebagai catatan untuk dapat dievaluasi pada projek-projek
selanjutnya.
Bagaimana dengan asesmen? pada
prinsipnya asesmen pada kegiatan projek sama dengan asesmen harian di PAUD. Ada
empat teknik asesmen yang dapat dilakukan yaitu tabel checklist, catatan
anekdot, foto berseri dan hasil karya. Silahkan ibu dan bapak cantumkan pada
mode projek teknik asesmen apa yang ingin dipakai pada tiap kegiatannya. Jika
ingin menyertakan lembar refleksi untuk murid atau lembar aktivitas murid juga
dapat disertakan dalam modul projek pada bagian lampiran.
Rangkaian modul projek ini
sifatnya fleksibel, ibu dan bapak dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan satuan
pendidikan masing-masing.
Ingat tiga hal dalam membuat modul
projek: Tentukan tujuan, rancang strategi kegiatan untuk mencapai tujuan dan tentukan
asesmen yang ingin digunakan.
Sekian materi kali ini semoga
memberikan gambaran dalam merancang modul projek.
Semangat selalu, selamat berprojek
ibu dan bapak guru hebat …….
Lampiran Merancang /memodifikasi modul projek Kita Semua Bersaudara
Ibu dan Bapak Guru, lampiran ini menerangkan komponen modul projek dengan tema Kita Semua Bersaudara. Keterangan lebih lanjut mengenai lampiran ini juga bisa Ibu dan Bapak simak di video sebelumnya, dengan judul Merancang/memodifikasi Modul Projek PAUD (kita semua bersaudara)
*berikut adalah previu dari lampiran komponen modul projek. Untuk lampiran selengkapnya, silakan unduh diilink yang tersedia
Modul Projek Kita Semua Bersaudara
Merancang /memodifikasi modul projek Imajinasi dan Kreativitasku
Bagaimanakah praktik pembelajaran dalam mengembangkan modul projek pada jenjang PAUD? Dalam materi ini terdapat contoh pengembangan modul projek khususnya pada tema Imajinasi dan Kreativitasku. Silahkan
Lampiran Merancang /memodifikasi modul projek Imajinasi dan Kreativitasku
Bagaimanakah praktik pembelajaran dalam mengembangkan modul projek pada jenjang PAUD? Dalam materi ini terdapat contoh pengembangan modul projek khususnya pada tema Imajinasi dan Kreativitasku
Merancang /memodifikasi modul projek Aku Cinta Indonesia
Bagaimanakah praktik pembelajaran dalam mengembangkan modul projek pada jenjang PAUD? dalam materi ini terdapat contoh pengembangan modul projek khususnya pada tema Aku Cinta Indonesia.
Merancang /memodifikasi modul projek Aku Sayang Bumi
Bagaimanakah praktik pembelajaran dalam mengembangkan modul projek pada jenjang PAUD? Dalam materi ini terdapat contoh pengembangan modul projek khususnya pada tema Aku Sayang Bumi.
Lampiran Merancang /memodifikasi modul projek Aku Sayang Bumi
Bagaimanakah praktik pembelajaran dalam mengembangkan modul projek pada jenjang PAUD? Dalam materi ini terdapat contoh pengembangan modul projek khususnya pada tema Aku Sayang Bumi.
Lampiran Merancang /memodifikasi modul projek Aku Sayang Bumi
Latihan Pemahaman
Refleksi
Menurut Ibu dan Bapak, hal apa yang dapat memudahkan Ibu dan Bapak dalam pemilihan elemen dan sub elemen dimensi profil pelajar pancasila?
Komentar
Posting Komentar