Modul PMM Topik dan Pelatihan: PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PAUD Modul 3: Merancang Modul Projek PAUD

Modul PMM Topik dan Pelatihan: PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PAUD

 Modul 3: Merancang Modul Projek PAUD

Merancang Modul Projek

Merancang/memodifikasi Modul Projek PAUD (kita semua bersaudara)

Bagaimanakah praktik pembelajaran dalam mengembangkan modul projek pada jenjang PAUD? dalam materi ini terdapat contoh pengembangan modul projek khususnya pada tema Kita Semua Bersaudara.


Referensi:

Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi . 2021.


Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA), Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi.2022


Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2020. Naskah Akademik Profil Pelajar Pancasila

Salam dan bahagia ibu dan bapak guru hebat…

Halo.. mari kita merancang model projek sesuai dengan tema yang sudah kita ketahui bersama. Terdapat empat tema dalam jenjang PAUD yang dapat kita ambil sebagai tema besar kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Kali ini kita akan masuk pada merancang modul projek tema “kita semua bersaudara”. Saat merancang mode projek Identifikasilah satuan pendidikan PAUD kita terlebih dahulu untuk melihat apa kebutuhan murid yang dapat kita fasilitasi dengan kegiatan berprojek, seperti ilustrasi berikut ini:

Satuan PAUD 129 Pagi berada pada lingkungan pegunungan, dimana letak rumah yang satu dengan yang lainnya berjauhan. Jika diperhatikan kebanyakan murid datang dari keluarga yang rumahnya saling berjauhan. Guru-guru sering mendengar bahwa biasanya murid jika dirumah hanya bermain di rumah dan membantu orangtuanya, kurangnya aktivitas bermain bersama antar murid membuat guru-guru satuan PAUD ini mengambil tema kita semua bersaudara dengan topik “asyiknya bermain kelereng”. Hal ini juga bersamaan dengan perayaan hari anak nasional di awal tahun ajaran maka tema ini tepat sekali dibawakan untuk kegiatan pertama di awal tahun ajaran.

Setelah melakukan identifikasi maka satuan PAUD dapat mulai merancang mode projek, setidaknya ada tiga hal pokok yang perlu termuat dalam modul projek yaitu:

·         tujuan kegiatan projek

·         kegiatan untuk mencapai tujuan dan

·         teknik asesmen yang sesuai untuk digunakan

Setelah mendapatkan tema dan topik mari tentukan dimensi, elemen dan suplemen yang ingin dicapai untuk melihat ketercapaian kompetensi.

Berikut adalah dimensi, elemen dan sublemen yang diambil dalam contoh modul projek ini…

Ibu dan bapak untuk menyusun tujuan projek buatlah kalimat tujuan projek yang diambil dari suplemen contohnya pada modul projek kali ini ada seperti berikut ini…

Selanjutnya mari kita tentukan strategi untuk dapat mencapai tujuan kegiatan. Strategi meliputi aktivitas kegiatan dan informasi tambahan lainnya yang diperlukan untuk kelancaran pelaksanaan projek durasi alat bahan dan juga sebagainya. Ibu dan bapak dapat merancang kegiatan apa saja yang dilakukan karena topik disini adalah asyiknya bermain kelereng maka kegiatan akan dikhususkan untuk bermain kelereng.

Ibu dan bapak bebas ya menentukan berapa lama projek ini akan dilakukan. Lakukanlah sesuai waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan projek dan keadaan satuan pendidikan masing-masing. Pada modul projek ini akan ada enam hari pelaksanaan. Saat menyusun alur kegiatan mode projek, jangan lupa untuk menerapkan prinsip-prinsip projek seperti holistic, eksploratif, kontekstual dan berpusat pada peserta didik. Seperti contohnya dalam mode projek ini terlihat bahwa murid memiliki kebebasan untuk menentukan hasil karya apa yang ingin dikreasikan. Apakah menggambar, membuat hasil karya menggunakan lilin atau membuat lagu. Silahkan berikan ruang untuk murid terlibat secara utuh.

Pada setiap tahapan kegiatan cantumkan durasi, alat dan bahan juga pertanyaan pemantik dan refleksi jika diperlukan dan jika memang membantu kelancaran dari proses projek ibu dan bapak. Jika terdapat perubahan rencana kegiatan ibu dan bapak dapat menuliskannya di kolom evaluasi projek, sebagai catatan untuk dapat dievaluasi pada projek-projek selanjutnya.

Bagaimana dengan asesmen? pada prinsipnya asesmen pada kegiatan projek sama dengan asesmen harian di PAUD. Ada empat teknik asesmen yang dapat dilakukan yaitu tabel checklist, catatan anekdot, foto berseri dan hasil karya. Silahkan ibu dan bapak cantumkan pada mode projek teknik asesmen apa yang ingin dipakai pada tiap kegiatannya. Jika ingin menyertakan lembar refleksi untuk murid atau lembar aktivitas murid juga dapat disertakan dalam modul projek pada bagian lampiran.

Rangkaian modul projek ini sifatnya fleksibel, ibu dan bapak dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan satuan pendidikan masing-masing.

Ingat tiga hal dalam membuat modul projek: Tentukan tujuan, rancang strategi kegiatan untuk mencapai tujuan dan tentukan asesmen yang ingin digunakan.

Sekian materi kali ini semoga memberikan gambaran dalam merancang modul projek.

Semangat selalu, selamat berprojek ibu dan bapak guru hebat …….

Lampiran Merancang /memodifikasi modul projek Kita Semua Bersaudara

Ibu dan Bapak Guru, lampiran ini menerangkan komponen modul projek dengan tema Kita Semua Bersaudara. Keterangan lebih lanjut mengenai lampiran ini juga bisa Ibu dan Bapak simak di video sebelumnya, dengan judul Merancang/memodifikasi Modul Projek PAUD (kita semua bersaudara)


*berikut adalah previu dari lampiran komponen modul projek. Untuk lampiran selengkapnya, silakan unduh diilink yang tersedia


Modul Projek Kita Semua Bersaudara

Merancang /memodifikasi modul projek Imajinasi dan Kreativitasku

Bagaimanakah praktik pembelajaran dalam mengembangkan modul projek pada jenjang PAUD? Dalam materi ini terdapat contoh pengembangan modul projek khususnya pada tema Imajinasi dan Kreativitasku. Silahkan

Lampiran dokumen dapat di unduh di sini.

Modul Projek Imajinasiku

Lampiran Merancang /memodifikasi modul projek Imajinasi dan Kreativitasku

Bagaimanakah praktik pembelajaran dalam mengembangkan modul projek pada jenjang PAUD? Dalam materi ini terdapat contoh pengembangan modul projek khususnya pada tema Imajinasi dan Kreativitasku

Lampiran dapat di undah di sini

Modul Projek Batikku Berbeda

Merancang /memodifikasi modul projek Aku Cinta Indonesia

Bagaimanakah praktik pembelajaran dalam mengembangkan modul projek pada jenjang PAUD? dalam materi ini terdapat contoh pengembangan modul projek khususnya pada tema Aku Cinta Indonesia.

Dokumen dapat di unduh di sini.

Modul Projek Aku Cinta Indonesia

Merancang /memodifikasi modul projek Aku Sayang Bumi

Bagaimanakah praktik pembelajaran dalam mengembangkan modul projek pada jenjang PAUD? Dalam materi ini terdapat contoh pengembangan modul projek khususnya pada tema Aku Sayang Bumi.


Lampiran Merancang /memodifikasi modul projek Aku Sayang Bumi

Bagaimanakah praktik pembelajaran dalam mengembangkan modul projek pada jenjang PAUD? Dalam materi ini terdapat contoh pengembangan modul projek khususnya pada tema Aku Sayang Bumi.

Lampiran Merancang /memodifikasi modul projek Aku Sayang Bumi

P5 Aku Sayang Bumi

Latihan Pemahaman

Refleksi

Menurut Ibu dan Bapak, hal apa yang dapat memudahkan Ibu dan Bapak dalam pemilihan elemen dan sub elemen dimensi profil pelajar pancasila?


Komentar