Modul PMM Topik dan Pelatihan: Profil Pelajar Pancasila - Modul 2: Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia - Elemen Akhlak Kepada Alam
Modul PMM Topik dan Pelatihan: Profil Pelajar Pancasila
Elemen Akhlak Kepada Alam
Salam dan bahagia Ibu dan Bapak
guru, pada video kali ini kita akan membahas tentang elemen kelima dalam
dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia yaitu
elemen akhlak kepada alam. Kta akan mempelajari bersama bahwa elemen ini
mencakup ranah yang lebih luas dari sekadar menjaga kebersihan atau membuang
sampah ditempatnya.
(Video pembelajaran)
Bu Guru: Adakah yang sudah
melihat poster di majalah dinding sekolah?
Murid-murid : saya Bu
Bu Guru : yah bulan ini sekolah
kita akan mengadakan bulan hijau setiap kelas diminta merancang kegiatan
bersama alam ada yang punya ide kegiatan yang bisa dilakukan kelas 5?
Daya: Bagaimana kalau kita
mendata tanaman yang ada di sekolah lalu kita buat papan namanya?
Bu Guru: Terima kasih Daya dari
ide Barusan ada yang bisa menyebutkan topik apa saja yang bisa kita ingat
kembali pelajaran IPA topik bentuk tulang daun ku karena pasti bentuk daun
setiap tanaman berbeda jadi kita bisa mengamati lebih dekat
Mathias: Ibu guru boleh enggak
kita melakukan kegiatan terkait mengolah sampah tapi aku masih belum kepikiran
Apa yang bisa dilakukan Bu
Bu Guru: terima kasih Mathias dan
Swasti sudah mencoba memberi ide. Mari kita sama-sama mencari ide kegiatan
terkait sampah yang bisa bermanfaat untuk teman-teman di kelas lain juga ada
yang bisa membantu itu
Murid: bagaimana kalau kita
melaju kegiatan matematika minggu lalu tentang mengukur benda-benda di rumah tapi
kali ini kita coba menimbang jumlah sampah yang dihasilkan setiap hari di rumah
Bu Guru: Bagus anak-anak idenya
menarik kita bisa hubungkan ide itu dengan pelajaran bahasa Indonesia tentang
pemanfaatan majalah dinding sebagai media informasi sekolah sekarang Ibu minta
setiap kelompok mendiskusikan topik pelajaran apa saja yang bisa dikaitkan
dengan ide-ide tadi baru nanti kita tentukan kegiatan mana yang akan dipilih.
Ibu dan Bapak guru apa yang Ibu
Lisa dan murid-murid kelas 5 diskusikan adalah salah satu bentuk penerapan
dimensi akhlak kepada alam yang bisa kita lakukan di kelas dari percakapan tadi
terlihat bahwa guru selalu mengajak murid mencari kaitan antara materi yang
sedang dipelajari dengan hal-hal di dalam kesehariannya.
Akhlak pada alam terdiri dari dua
elemen yaitu menjaga lingkungan dan memahami keterhubungan ekosistem
bumi. Elemen dimensi akhlak kepada alam sebaiknya bukan sesuatu yang hanya
disampaikan secara teoritis guru perlu kreatif mengidentifikasi bentuk
penerapan topik yang sedang dipelajari bersama para murid dalam proses
pembelajaran agar mereka melakukan refleksi keterkaitan antara teori dan sikap
kesehariannya terhadap lingkungan hidup di sekitarnya.
Apakah perwujudan elemen akhlak
kepada alam hanya bisa dilakukan di pelajaran IPA saja? Tidak
Dialog di awal sesi menunjukkan
bahwa setiap pelajaran dapat terkait dengan elemen ini. Biasanya elemen ini
akan bersinggungan dengan topik-topik seperti tanaman hewan sumber daya alam
kerusakan lingkungan, energi terbarukan, alam semesta dan masih banyak lagi. Selain
sisi teoritis saintifik yang bisa didapat dari berbagai bidang studi Sisi
teoritis keagamaan juga penting mengangkat topik ini ini demi memantapkan
pemahaman bahwa Tuhan Yang Maha Esa memberikan amanah kepada manusia untuk
menjaga alam.
Kkegiatan refleksi yang
melibatkan multi bidang studi seperti misalnya IPA dan agama perlu dipaparkan
dan dibiasakan sejak dini dengan demikian para murid dan guru terbiasa
merefleksikan diri bahwa kita adalah isi dan bagian dari alam semesta. Pembiasan
refleksi tadi diharapkan dapat membawa pada pemahaman, Apakah akan tindakan
keseharian kita membawa keharmonisan terhadap alam semesta. Contohnya seperti
kegiatan di kelas 5 tadi, lewat kegiatan mengamati tanaman guru mengajak murid
mengingat kembali bagian tanaman secara detail, lebih lanjut setelah kegiatan
ini berikan pertanyaan reflektif kepada murid melalui lembar aktivitas
tujuannya untuk membantu murid melihat keterhubungan antara dirinya dengan
ekosistem lingkungan sekolah. Begitu juga dengan kegiatan menimbang sampah
rumah tangga guru dapat mengajak murid menemukan keterkaitan antara kegiatan
matematika tentang pengukuran dengan kehidupan di keseharian misalnya dengan
menambahkan elemen pemilahan sampah. Kegiatan dan pertanyaan ini dapat membantu
murid memahami dampak perilakunya terhadap lingkungan. Elemen akhlak kepada
alam ini juga diharapkan dapat membentuk pelajar Indonesia yang berkesadaran
penuh bahwa dirinya adalah bagian dari ekosistem bumi yang isinya saling
mempengaruhi dan manusia sebagai ciptaan Tuhan punya tugas menjaga dan
melestarikan alam.
Semua jenjang perlu memasukkan
elemen ini dalam kegiatan pembelajaran. Pembiasaan dan kesadaran ini menjadi
dasar untuk menerapkan gaya hidup peduli lingkungan penguatan. Elemen ini dapat
secara aktif membuat murid berkontribusi nyata dalam menjaga kelestarian
lingkungan.
Di jenjang PAUD stimulasi elemen
ini dapat menggabungkan antara kegiatan jelajah alam dengan berkarya saat
mencari bahan berkarya misalnya guru dapat menambahkan instruksi untuk
mengambil bahan alam yang sudah jatuh ini akan menjadi referensi bagi anak-anak
untuk menghargai tanaman dan membiasakan untuk tidak mencabut tanaman dengan
sembarangan.
Di jenjang SD, guru dapat
membiasakan untuk selalu mengaitkan topik yang telah dibahas dengan kejadian
keseharian contoh kegiatannya seperti yang dibahas di kelas 5 tadi.
Di jenjang SMP guru dapat
mengajak murid untuk melihat lebih jeli tentang fakta-fakta di lingkungan
sekitarnya pada jenjang ini studi literasi mulai bisa dimanfaatkan agar tidak
teoritis selalu ajak murid untuk memikirkan solusi dalam merespon data situasi
yang didapatkan, misalnya murid diajak mencermati penggunaan kantong plastik di
lingkungannya hingga mencari data tentang hal ini secara global. Kemudian ajak
murid untuk membuat satu hal nyata untuk merespon situasi tersebut seperti
mendesain dan membuat tas belanja untuk digunakan di rumah masing-masing.
Di jenjang SMA dan SMK kegiatan
harus sudah berfokus pada kontribusi nyata murid terhadap lingkungan meskipun
hal ini selalu diawali dengan pengumpulan data dan penemuan alasan mengapa
situasi itu penting menjadi perhatian bersama. Menumbuhkan elemen akhlak kepada
alam pada murid di jenjang SMA atau SMK bisa jadi penantang apalagi bila
pembiasaannya belum dilakukan secara kontinyu di jenjang-jenjang sebelumnya.
Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan minat-minat
khusus remaja misalnya menantang murid membuat kampanye digital tentang carbon
footprint, penggunaan tas belanja atau topik-topik lainnya lalu
menyebarkannya di media sosial yang mereka miliki.
Ibu dan Bapak guru perlu dicatat
bahwa elemen akhlak kepada alam juga berkaitan dengan dimensi bernalar kritis
karena itu sebaiknya guru memulai kegiatan dengan mengajak murid melakukan
pengamatan, identifikasi serta analisis baik secara langsung maupun studi
literatur dari berbagai sumber. Setelah kegiatan guru sebaiknya melontarkan 1-2
pertanyaan reflektif untuk terus mengasah kemampuan murid berefleksi. Dengan
stimulasi konsisten di semua jenjang harapannya kita akan memiliki generasi
yang menghargai alam dalam setiap piker, ucap dan lakunya.
Selamat berproses Ibu dan Bapak
guru hebat, salam dan bahagia …
Alur Perkembangan Elemen kepada Alam
Komentar
Posting Komentar